Pendahuluan

Next

BPS adalah lembaga pemerintah Non Kementerian yang berperan sebagai penyedia data statistik yang berkualitas bagi pemerintah dan masyarakat. Data yang dimiliki oleh BPS berasal dari sensus atau survei yang dilakukan oleh BPS (data primer) dan dari kementerian atau lembaga pemerintahan lainnya (data sekunder). Mengingat pentingnya peranan data statistik dalam proses perencanaan, pemantauan, dan evaluasi pembangunan nasional maupun bagi masyarakat, maka BPS perlu melakukan peningkatan pelayanan informasi yang mendukung salah satu misi BPS yaitu meningkatkan kualitas pelayanan informasi statistik bagi semua pihak. Untuk mendukung peran dan pelaksanaan misi tersebut dan dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki, BPS merasa perlu menyediakan informasi tentang data-data yang dimiliki BPS yang dapat diakses secara online sehingga pengguna data dapat dengan mudah mengakses data yang diperlukan.


Selain data, berkembang pula kebutuhan akan informasi tentang data itu sendiri (metadata) yang lebih lengkap dan rinci. Metadata sangat penting dalam penggunaan data karena data tidak dapat ditafsirkan dan digunakan tanpa disertai metadata. Metadata dapat menjelaskan bagaimana suatu data diciptakan, mengapa, cakupannya, dan rincian tentang struktur dan makna data.


BPS telah mengembangkan Sistem Katalog Datamikro. Sistem ini berisi daftar dari data-data yang dihasilkan oleh BPS disertai dengan prosedur dan kebijakan dalam memperoleh data tersebut. Sistem Katalog Datamikro dibangun sebagai salah satu langkah BPS dalam menuju data terbuka (Open Data).


Sistem Katalog Datamikro merupakan suatu sistem berbasis web untuk menyimpan, menampilkan dan mengelola datamikro yang dihasilkan BPS beserta informasinya (metadata) dengan metode yang terstandarisasi dan terintegrasi. Metadata yang ditampilkan mengacu pada standar metadata internasional DDI (Data Documentation Initiative) yang meliputi informasi kegiatan suatu survei hingga level variabel, sehingga pengguna sistem dapat mengetahui data dan informasinya secara komprehensif.



Dengan adanya Sistem Katalog Datamikro, pengguna data dapat dengan mudah:


Mencari jenis sensus/survei berdasarkan kata kunci atau variabel tertentu. Mencari data berdasarkan tahun, jenis akses, dan jenis koleksi data.

Melihat informasi jenis sensus/survei seperti gambaran kegiatan, metodologi, pengumpulan data, pengolahan data sampai dengan informasi variabel seperti pertanyaan, konsep definisi, kategori jawaban, dan lain-lain.

Mengunduh dokumentasi seperti kuesioner, pedoman, laporan, dan lain-lain.

Setiap datamikro mempunyai jenis akses yang berbeda-beda. Pengguna dapat mengakses mikrodata sesuai dengan jenis akses datanya.

Membandingkan variabel dari dua atau lebih sensus/survei.

Pengguna dapat mengunduh metadata DDI dari sensus/survei berformat XML yang merupakan format umum dan fleksibel untuk menyimpan suatu informasi.